JASA BANGUN RUMAH JAKARTA 0878-8169-7447 Jasa Pemborong Rumah Atau Jasa Kontraktor Rumah | JASA BANGUN RUMAH JAKARTA Jasa Pemborong Rumah Atau Jasa Kontraktor Rumah ~ JASA BANGUN RUMAH JAKARTA
Jasa Bangun Rumah Jakarta | Jasa Renovasi Rumah Jakarta

Kamis, 05 Januari 2023

Jasa Pemborong Rumah Atau Jasa Kontraktor Rumah

Perbedaan Jasa pemborong rumah dan kontraktor bangunan, Jasa pemborong bangunan memiliki perbedaan mendasar dengan jasa kontraktor bangunan. Walaupun terlihat memiliki tugas yang sama dalam mengerjakan pekerjaan bangunan, namun sebetulnya kedua jenis penyedia jasa tersebut memiliki perbedaan yang cukup besar.

Info Lengkap klik di sini atau Jasa Bangun Rehab Rumah atau hubungi 087 8816 97447

JASA PEMBORONG RUMAH JAKARTA SEJUTA PINTU


Info lengkap dan Konsultasi Gratis Jasa Bangun Rumah Jakarta <<< Klik

Pemborong Bangunan Rumah atau Jasa Kontraktor Rumah ?

Bukan hanya dari struktur organisasinya saja, namun juga terhadap cara kerja dan biayanya. Jadi, mana yang lebih baik antara menggunakan jasa kontraktor bangunan atau jasa pemborong ?

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan jasa kontraktor bangunan atau jasa pemborong, sebaiknya Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing penyedia jasa tersebut. Selain itu, Anda juga harus mengetahui ruang lingkup pekerjaannya.

Tidak semua kontraktor atau jasa pemborong memiliki ruang lingkup pekerjaan yang sama. Oleh sebab itu, dalam memilih penyedia jasa, Anda juga harus mengetahui bidang pekerjaan yang dikuasainya.

 

Apa Itu Pemborong Rumah ?

Pemborong bangunan pada dasarnya adalah tukang bangunan yang menggunakan sistem borongan dalam menghitung biaya pekerjaan. Pemborong bangunan dengan skala yang lebih besar biasanya akan menghitung biaya borongan yang sudah terdiri dari biaya material dan jasa tukang. Namun, untuk pemborong dengan skala kecil, umumnya hanya mengenakan biaya borongan jasa tukang saja.

JASA PEMBORONG RUMAH JAKARTA

 

Sementara itu, material bangunan akan menjadi tanggung jawab oleh pemilik bangunan. Bagi pemborong dengan modal kecil, biasanya tidak berani untuk mengambil proyek borongan termasuk dengan materialnya.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila terjadi kesalahan hitung dan jasa pemborong tidak sanggup untuk menutupi kerugian. Dengan hanya mengenakan biaya borongan jasa, posisi pemborong akan lebih aman. Namun, kekurangan sistem borong seperti ini adalah pemakaian material yang tidak terkontrol dengan baik.

Akibatnya, pemakaian material melonjak dan akan merugikan pemilik bangunan. Tidak menutup kemungkinan akan terjadi kecurangan atau kehilangan material sehingga pemilik bangunan harus mengantisipasi hal tersebut.

Sementara, sistem borong dengan menyertakan perhitungan material, akan lebih aman bagi pemilik bangunan. Bagi Anda yang tidak mengerti dengan perhitungan material atau tidak memiliki banyak waktu untuk pengawasan di lokasi pekerjaan, baiknya Anda menggunakan sistem borong ini. Dengan begitu, segala kerugian atau keuntungan akan menjadi tanggung jawab si pemborong.

Ruang lingkup pekerjaan jasa pemborong biasanya terbatas pada satu atau dua bidang tertentu. Pemborong sering kali disebut sebagai mandor atau kepala tukang. Masing-masing mandor bisa membawahi beberapa tukang sekaligus dalam satu bidang pekerjaan yang sama, seperti pekerjaan sipil, pekerjaan elektrikal, pekerjaan finishing, pekerjaan interior, pekerjaan taman, pekerjaan kusen, pekerjaan aluminium, dan lain-lain.

Apa itu Jasa Kontraktor Rumah ?

Kontraktor bangunan umumnya adalah badan usaha yang bekerja berdasarkan kontrak kerja tertentu. Bila pemborong hanya memiliki keahlian dalam satu bidang pekerjaan tertentu, ruang lingkup pekerjaan kontraktor dapat terdiri dari beberapa bidang. Dalam prosesnya, kontraktor akan membawahi beberapa orang mandor atau kepala tukang, tergantung dari volume pekerjaan yang berjalan.

Selain itu, kontraktor bangunan biasanya juga memiliki tenaga pengawas yang ahli di bidangnya. Tenaga pengawas tersebut dapat berupa akademisi maupun tenaga ahli yang sudah berpengalaman di bidangnya. Jadi, dengan menggunakan jasa kontraktor bangunan, Anda akan dibantu oleh beberapa tenaga ahli sehingga kualitas hasil pekerjaan akan sesuai standard tertentu atau sesuai dengan kesepakatan dengan pemilik bangunan.

Bagi Anda yang mengharapkan kualitas hasil pekerjaan terjamin baik atau tidak memiliki waktu untuk mengawasi proses pekerjaan, sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan jasa kontraktor bangunan.

Perhitungan biaya pada kontraktor umumnya juga menggunakan sistem borong dengan menyertakan biaya jasa sekaligus material. Namun, karena bentuknya adalah badan usaha, perhitungan kontraktor akan menyertakan pajak. Walaupun demikian, kontraktor akan menghitung pekerjaan dengan menyertakan spesifikasi material atau deskripsi pekerjaan secara lengkap. Hal ini tidak dapat Anda peroleh dari jasa pemborong.

Kelebihan Menggunakan Jasa Kontraktor Bangunan Dibanding Jasa Pemborong

Menggunakan jasa kontraktor memiliki kelebihan dan kekurangan dibanding menggunakan jasa pemborong. Kelebihan dari kontraktor bangunan adalah :

Memiliki badan usaha sehingga meminimalisasi kebohongan atau kecurangan, terutama dalam melakukan pembayaran. Karena memiliki badan usaha, rekening bank yang digunakan adalah rekening perusahaan bukan perorangan.

Sebagai badan usaha, tanggung jawab pekerjaan ditanggung oleh perusahaan bukan perorangan. Sehingga, komitmen dalam pekerjaan akan lebih baik dibanding jasa pemborong. Bukan hanya dalam hal untung rugi, namun juga pengawasan dalam pemakaian material, cara pengerjaan, hingga garansi setelah serah terima pekerjaan.

Dikelola secara profesional dengan sistem kerja, laopran, dan pembayaran yang sudah terjadwal rapi.

Menggunakan kontrak kerja yang berisi tugas dan tanggung jawab dari masing-masing pihak sehingga proses kerja akan berjalan secara teratur.

Memiliki layanan yang lengkap mulai dari gambar desain, pelaksanaan renovasi atau pembangunan, hingga pengawasan. Ruang lingkup pekerjaannya lengkap, mencakup pekerjaan sipil, listrik, mechanical, instalasi pipa, dan lainnya, sesuai kebutuhan proyek.

Kekurangan dari menggunakan jasa kontraktor adalah biayanya yang lebih besar karena menggunakan tenaga ahli yang berpengalaman di bidangnya. Walaupun demikian, biaya yang dikeluarkan akan sangat sebanding dengan potensi resiko yang dapat Anda tanggung.

Jasa Pemborong  Rumah vs Jasa Kontraktor Bangunan

Menggunakan jasa pemborong atau pun kontraktor bangunan, memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Keputusan memilih salah satu dari penyedia jasa tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, tergantung dari kebutuhan dan sudut pandang pemilik bangunan.

Kontraktor dapat memberikan garansi hasil pekerjaan yang lebih baik dengan cara kerja yang lebih terstruktur. Dengan pengawasan dari tenaga ahli yang berpengalaman dan layanan yang lebih lengkap, menggunakan jasa kontraktor dapat menjadi solusi tepat bagi kebutuhan bangunan Anda.

Namun, jasa kontraktor membutuhkan biaya yang lebih besar dan komitmen dari pemilik bangunan. Karena ditangani secara profesional, pemilik bangunan juga dituntut untuk mentaati pasal-pasal yang tertuang dalam surat kontrak kerja, dimana salah satu klausulnya terkait dengan jadwal pembayaran.

Dengan menggunakan jasa kontraktor, tanggung jawab pekerjaan akan diambil oleh kepala proyek atau kontraktor itu sendiri. Benefitnya, komunikasi dari masing-masing kepala bagian atau mandor akan lebih teratur dan terkendali.

Di sisi lain, menggunakan jasa pemborong rumah membutuhkan biaya yang lebih sedikit namun pemilik bangunan harus menyiapkan waktu lebih banyak dalam mengawasi proses kerja di lokasi. Selain pengawasan terhadap spesifikasi material, cara penggunaan material dan potensi kehilangan barang juga menjadi salah satu poin yang harus dipertimbangkan.

Komitmen dari pemborong bangunan juga harus diperhatikan, terutama di tengah banyaknya kasus di mana jasa pemborong yang meninggalkan proyek dengan kondisi tidak terselesaikan. Selain itu, pemborong tidak memiliki layanan yang lengkap, sehingga Anda harus mencari beberapa jasa pemborong dengan ruang lingkup pekerjaan yang berbeda. Dalam hal ini, terdapat potensi masalah komunikasi yang cukup besar antar pemborong satu dengan yang lain.

Apa itu Pemborong Bangunan dan Apa Saja Manfaatnya bagi Anda ?

Pemborong bangunan merupakan sebuah jasa yang dibutuhkan oleh banyak orang. Jasa ini disebut juga dengan kontraktor. Dengan orang-orang profesional di dalamnya lah, Anda bisa sangat terbantu dalam proyek pembangunan rumah, ruko dan berbagai tempat usaha yang Anda inginkan.

Bagi yang ingin menyeleggarakan proyek, ada baiknya memakai jasa kontraktor. Sebelumnya, pahami dulu apa yang dimaksud dengan jasa tersebut. Pahami pula apa saja manfaatnya bagi Anda sehingga bisa merasa yakin untuk memakai jasa tersebut.

Pengertian Pemborong Bangunan

Pemborong yang biasanya mengerjakan proyek rumah atau berbagai bangunan ini memiliki pengertian yang harus Anda pahami. Pemborong dalam bidang bangunan merupakan penyedia jasa yang digunakan untuk sebuah proyek konstruksi bangunan. Jasa ini juga bisa dipakai dalam proyek renovasi rumah.

Bukan hanya rumah saja. Toko dan ruko pun bisa dibangun atau direnovasi dengan bantuan jasa ini. Hasilnya pun akan lebih cepat dan pengerjaan akan sesuai dengan standar. Hal ini tentulah bisa terjadi lantaran jasa yang bekerja tersebut memiliki pengetahuan dan pengalaman yang luas untuk penyelesaian suatu proyek.

Jasa ini memberdayakan beberapa tukang dan juga tenaga kerja yang bekerja sesuai dengan keahlian mereka. Misalnya, ada tukang batu, tukang kayu maupun tukang besi sesuai dengan keperluan proyek. Jadi, Anda sudah tidak perlu lagi menyewa jasa tukang lain. Cukup pakai pemborong sebagai solusi membangun atau merenovasi rumah impian.

Manfaat Pemborong bagi Proyek Anda

Pemborong dan kontraktor memiliki kesamaan sebagai penyedia jasa dalam membangun rumah. Akan tetapi ternyata keduanya memiliki perbedaan tersendiri. Faktanya, pemborong tidak memiliki izin usaha yang resmi dan tidak berbadan hukum. Kesepakatan yang dibuat dengan klien mereka berdasarkan kepercayaan dan lisan saja. dan Pengelolanya pun adalah individu.

Sedangkan kontraktor adalah penyedia jasa yang menyediakan jasa pembangunan proyek yang resmi. Proyek yang dikerjakan pun bisa besar maupun kecil. Dalam pengerjaannya pun memakai perjanjian hitam di atas putih.

Meskipun memiliki perbedaan, namun keduanya sama-sama memberikan manfaat yang besar bagi proyek Anda. Beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut :

Mampu merangcang desain bangunan, Jika Anda tidak bisa merancang bangunan sendiri, maka jasa pemborong bisa membantu. Hal ini akan disesuaikan dengan minat pemilik proyek dan juga disesuaikan dengan ketersediaan dana yang dimiliki.

Pemberian saran material yang efektif, Pemborong akan memberikan saran dalam memilih jenis material yang paling bagus. Mereka juga bisa memberikan saran material yang harganya murah. Pasalnya, banyak sekali pilihan material yang ada di toko bangunan yang belum Anda pahami.

Memperkirakan waktu tempuh pendirian bangunan, Dengan pengalaman yang dimiliki, mereka bisa memberikan gambaran berapa lama proyek akan berlangsung. Perkiraan jumlah bahan bangunan yang dibutuhkan pun akan diperkirakan oleh pemborong untuk menghindari pemborosan.

Pengerjaan lebih cepat, dengan jasa pemborong, maka ritme kerjanya akan lebih jelas. Mereka juga bekerja sesuai target penyelesaian bangunan. Alhasil, proyekpun akan berjalan secara efektif.

Perkiraan biaya jadi lebih mudah, Dengan mengandalkan adanya jasa pemborong ini maka Anda tak lagi membutuhkan tambahan tukang. Semua perkiraan biaya pun akan bisa dilakukan di awal proyek dimulai dengan bantuan pemborong yang dipakai.

Masih ada banyak lagi manfaat dari jasa pemborong. Tentunya, bagi yang ingin mencari jasa pemborong haruslah teliti. Pasalnya tidak sedikit jasa yang tidak memberikan tanggung jawab maksimal.

Saat mencari pemborong bangunan maupun kontraktor untuk proyek Anda, tidak ada salahnya jika Anda menghubungi kami. Kami adalah jasa pemborong rumah yang terpercaya dan berpengalaman dalam penyelesaian berbagai proyek konstruksi. itulah Manfaat Pemborong bagi Proyek Anda

 

Jasa Pemborong Rumah Jakarta dan Sekitarnya

Jasa Pemborong Rumah Jakarta Selatan

Cilandak : Cilandak Barat, Cipete Selatan, Gandaria Selatan, Lebak Bulus, Pondok Labu
Jagakarsa : Ciganjur, Cipedak, Jagakarsa, Lenteng Agung, Srengseng Sawah, Tanjung Barat
Kebayoran Baru : Cipete Utara, Gandaria Utara, Gunung, Kramat Pela, Melawai, Petogogan, Pulo, Rawa Barat, Selong, Senayan
Kebayoran Lama : Cipulir, Grogol Selatan, Grogol Utara, Kebayoran Lama Selatan, Kebayoran Lama Utara, Pondok Pinang
Mampang Prapatan: Bangka, Kuningan Barat, Mampang Prapatan, Pela Mampang, Tegal Parang
Pancoran : Cikoko, Duren Tiga, Kalibata, Pancoran, Pengadegan, Rawajati
Pasar Minggu : Cilandak Timur, Jati Padang, Kebagusan, Pasar Minggu, Pejaten Barat, Pejaten Timur, Ragunan
Pesanggrahan : Bintaro, Pesanggrahan, Petukangan Selatan, Petukangan Utara, Ulujami
Setiabudi: Guntur, Karet Kuningan, Karet Semanggi, Karet, Kuningan Timur, Menteng Atas, Pasar Manggis, Setiabudi
Tebet : Bukit Duri, Kebon Baru, Manggarai Selatan, Manggarai, Menteng Dalam, Tebet Barat, Tebet Timur

Jasa Pemborong Rumah Jakarta Timur

Cakung : Cakung Barat, Cakung Timur, Jatinegara, Penggilingan, Pulo Gebang, Rawa Terate, Ujung Menteng
Cipayung : Bambu Apus, Ceger, Cilangkap, Cipayung, Lubang Buaya, Munjul, Pondok Ranggon, Setu
Ciracas : Cibubur, Ciracas, Kelapa Dua Wetan, Rambutan, Susukan
Duren Sawit : Duren Sawit, Klender, Malaka Jaya, Malaka Sari, Pondok Bambu, Pondok Kelapa, Pondok Kopi
Jatinegara : Bali Mester, Bidara Cina, Cipinang Besar Selatan, Cipinang Besar Utara, Cipinang Cempedak, Cipinang Muara, Kampung Melayu, Rawa Bunga
Kramat Jati : Balekambang, Batu Ampar, Cawang, Cililitan, Dukuh, Kramat Jati, Tengah
Makasar : Cipinang Melayu, Halim Perdana Kusuma, Kebon Pala, Makasar, Pinang Ranti
Matraman : Kayu Manis, Kebon Manggis, Pal Meriam, Pisangan Baru, Utan Kayu Selatan, Utan Kayu Utara3
Pasar Rebo : Baru, Cijantung, Gedong, Kalisari, Pekayon
Pulo Gadung : Cipinang, Jati, Jatinegara, Kaum, Kayu Putih, Pisangan Timur, Pulo Gadung, Rawamangun

Jasa Pemborong Rumah Jakarta Barat

Cengkareng : Cengkareng Barat, Cengkareng Timur, Duri Kosambi, Kapuk, Kedaung Kali Angke, Rawa Buaya
Grogol Petamburan : Grogol, Jelambar Baru, Jelambar, Tanjung Duren Selatan, Tanjung Duren Utara, Tomang, Wijaya Kusuma
Taman Sari : Glodok, Keagungan, Krukut, Mangga Besar, Maphar, Pinangsia, Taman Sari, Tangki
Tambora : Angke, Duri Selatan, Duri Utara, Jembatan Besi, Jembatan Lima, Kali Anyar, Krendang, Pekojan, Roa Malaka, Tambora, Tanah Sereal
Kebon Jeruk : Duri Kepa, Kebon Jeruk, Kedoya Selatan, Kedoya Utara, Kelapa Dua, Sukabumi Selatan, Sukabumi Utara
Kalideres : Kalideres, Kamal, Pegadungan, Semanan, Tegal Alur
Palmerah : Jatipulo, Kemanggisan, Kota Bambu Selatan, Kota Bambu Utara, Palmerah, Slipi
Kembangan : Joglo, Kembangan Selatan, Kembangan Utara, Meruya Selatan, Meruya Utara, Srengseng

Jasa Pemborong Rumah Jakarta Pusat

Cempaka Putih : Cempaka Putih Barat, Cempaka Putih Timur, Rawasari
Cempaka Putih : Cideng, Duri Pulo, Gambir, Kebon Kelapa, Petojo Selatan, Petojo Utara
Johar Baru : GalurJohar Baru, Kampung Rawa, Tanah Tinggi
Kemayoran : Cempaka Baru, Gunung Sahari Selatan, Harapan Mulya, Kebon Kosong, Kemayoran, Serdang, Sumur Batu, Utan Panjang
Menteng : Cikini, Gondangdia, Kebon Sirih, Menteng, Pegangsaan
Sawah Besar : Gunung Sahari Utara, Karang Anyar, Kartini, Mangga Dua Selatan, Pasar Baru
Senen : Bungur, Kenari, Kramat, Kwitang, Paseban, Senen
Tanah Abang : Bendungan Hilir, Gelora, Kampung Bali, Karet Tengsin, Kebon Kacang, Kebon Melati, Petamburan

Jasa Pemborong Rumah Jakarta Utara

Cilincing : Cilincing, Kalibaru, Marunda, Rorotan, Semper Barat, Semper Timur, Sukapura
Kelapa Gading : Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading Timur, Pegangsaan Dua
Koja : Koja, Lagoa, Rawa Badak Selatan, Rawa Badak Utara, Tugu Selatan, Tugu Utara
Pademangan : Ancol, Pademangan Barat, Pademangan Timur
Penjaringan : Kamal Muara, Kapuk Muara, Pejagalan, Penjaringan, Pluit
Tanjung Priok : Kebon Bawang, Papanggo, Sungai Bambu, Sunter Agung, Sunter Jaya, Tanjung Priok, Warakas

Jasa Pemborong Rumah Tangerang Selatan

  • Ciputat
  • Pamulang
  • Pondok Aren
  • Setu
  • Serpong
  • Serpong Utara
  • Ciputat Timur

 

Jasa Pemborong Rumah Bekasi

  • Bekasi Barat
  • Bekasi Timur
  • Bekasi Utara
  • Bekasi Selatan
  • Jati Sempurna
  • Pondok Gede
  • Babelan
  • Karang bahagia
  • Jatiasih
  • Cikarang Utara

Jasa Pemborong Rumah Depok

  • Depok
  • Sawangan
  • Beji
  • Cimanggis
  • Limo
  • Pancoran Mas
  • Sukmajaya

Jasa Pemborong Rumah Bogor

  • Tenjo
  • Parung Panjang
  • Rumpin
  • Gunung Sindur
  • Jasinga
  • Cigudeg
  • Parung
  • Ciseeng

Info lengkap Jasa Pemborong Rumah Jakarta dan Sekitarnya hubi 087 8816 97447 atau klik di Jasa Bangun Rumah

7 Keuntungan Menggunakan Jasa Kontraktor

1. Membantu Merancang Rencana Anggaran Biaya

Keuntungan menggunakan jasa kontraktor yang pertama adalah dibantu dalam proses pembuatan Rencana Anggaran Biaya atau RAB.

Seperti kita tahu, RAB menjadi krusial dalam pembuatan rumah.

Kontraktor dalam hal ini, akan membantumu merencanakan anggaran biaya, sehingga kamu tak perlu repot hitung sana sini.

Namun, kamu bisa saja membuat RAB ‘tandingan’ untuk menyesuaikan anggaran yang ada.

2. Terima Jadi dan Terima Kunci Rumah

Dari mulai arsitek, merencanakan bujet, mengurus perizinan, hingga desain interior, biasanya sudah termasuk ke dalam service yang diberikan oleh jasa kontraktor.

Oleh karenanya, kamu bisa dibilang tinggal terima beres atau terima jadi rumah yang nantinya dibangun.

Lantaran hampir seluruh proses pembangunan sudah diurus oleh mereka. Beban waktu dan tenaga jauh lebih berkurang!

3. Menghasilkan Rumah Berkualitas dan Bergaransi

Walau harganya relatif lebih mahal, tapi jasa kontraktor menawarkan hasil rumah yang berkualitas dan bergaransi.

Menurut berbagai sumber, garansi ini kerap menjadi daya pikat tersendiri dari jasa kontraktor.

Namun sebelum itu, pastikan jika kontraktor yang akan kamu pakai, memang menyediakan sebuah garansi.

Satu hal yang lebih penting, jika ditanya soal kualitas, jasa kontraktor tak akan berbohong.

Sebab mereka menggunakan tenaga profesional dan ahli di bidangnya.

4. Pengerjaannya Lebih Terukur dan Tepat Waktu

Manfaat menggunakan jasa kontraktor berikutnya yaitu proses pengerjaanya yang terukur dan tepat waktu.

Jauh sebelum membangun rumah, kamu dan pihak kontraktor akan menyepakati waktu pengerjaan.

Mereka akan bekerja sesuai waktu yang sudah disepakati dan biasanya akan selesai tepat waktu.

5. Progres Pembangunan Bisa Terus Dipantau

Jika kamu ingin melihat progres pembangunan rumah, hal itu bisa kamu lakukan.

Proses ini cukup penting dilakukan, sebagai gambaran sudah sejauh mana rumah dibangun.

6. Jarang Terjadi Kesalahan

Namanya juga manusia, kesalahan pasti acap ditemukan.

Akan tetapi, dengan menggunakan jasa kontraktor, setidaknya kesalahan itu dapat diminimalisir karena mereka menggunakan tenaga ahli.

7. Kontrak yang Jelas

Seringkali kita mendengar, tukang yang tiba-tiba hilang tanpa kabar dan bahkan membawa uang yang harusnya dibangun rumah.

Kejadian itu tak sekali atau dua kali.

Kamu tentu tak ingin mengalami kejadian serupa, bukan?

Dengan menggunakan jasa kontraktor, peristiwa di atas tak mungkin terjadi.

Pasalnya kontraktor profesional sebelum bekerja akan membuat perjanjian yang mengikat di mata hukum.

Perjanjian tersebut dibuat berdasasrkan kesepakatan dua pihak, sehingga masing-masingnya tidak akan dirugikan.

Hal ini penting dan menjadi alasan kuat, mengapa kamu mesti menggunakan jasa kontraktor rumah.

 

Location: Jakarta Selatan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia

0 comments:

Posting Komentar

Direktori

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

Food

Entertainment

News

Recent Articles

Fashion

Technology

Technology

Famous Posts

Cari Blog Ini

Copyright © JASA BANGUN RUMAH JAKARTA | Powered by Blogger
Design by Viva Themes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com